ASSALAMUALAIKUM WR.WB
berikut ini adalah rangkuman tentang Microsoft Office Excel:
.jpg)
A. Pengertian Microsoft Office Excel
B. Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Office Excel
C. Fungsi Menu Microsoft Excel
A. Pengertian Microsoft Office Excel
Microsoft office excel adalah salah satu program pada
microsoft office yang di gunakan dalam pengolahan data berbasis angka.
Microsoft office excel juga merupakan salah satu program pengolah angka yang di
keluarkan oleh microsoft corporation.
Hadirnya microsoft
office excel sangat membantu dalam pengolahan data yang problema nya mudah hingga yang rumit. Pengoperasian microsoft
excel sering di kenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula yang dapat
memudahkan dalam pengolahan data secara matematis dengan beragam fungsinya
,seperti laporan kerja,penentuan nilai hingga penentuan gaji karyawan dalam
ruang lingkup sebuah perusahaan.
B. Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Office Excel
Adapun kelebihan dan kekurangan dari microsoft office excel
adalah sebagai berikut:
- Kelebihan:
- Memiliki kapasitas penampung data 1 juta baris dan 16.000 kolom per sheet.
- Memiliki lembar kerja eletronik dengan kolom dan baris secara otomatis
- Memiliki program penggunaan rumus yang sangat lengkap.
- Kekurangan:
- Software pengolah angkanya berbayar dan tidak gratis
- Memerlukan banyak memory(RAM) serta prosesor yang besar(CPU)
C. Fungsi Menu Microsoft Excel
Program microsoft excel memiliki beberapa menu yang terdapat
pada bar(baris menu),yaitu sebagai berikut:
- Menu file =
- New: untuk membuat lembar kerja baru
- Open: untuk membuka dokumen
- Close: untuk menutup jendela workbook
- Save : untuk menyimpan data
- Save As:untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
- Save As Web Page : untuk menyimpan kedalam halaman web
- Save Workspace : untuk menyimpan sebagai file workspace
- File Search : untuk mencari file workbook
- Permission :untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
- Web Page Preview : untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
- Page Setup : untuk mengatur setting halaman
- Print Area : untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
- Print Preview : untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
- Print : untuk mencetak data
- Send To : untuk mengirimkan file
- Properties : untuk Membuat ringkasan file yang aktif
- Exit : untuk menutup program Microsoft Excel
- Menu edit
- Undo : untuk membatalkan perintah terakhir
- Redo : untuk membatalkan perintah Undo
- Cut : untuk memotong naskah
- Copy : untuk membuat duplikat naskah
- Office Clipboard : untuk menampilkan jendela Cilpboard
- Paste : untuk pasangan Cut dan Copy
- Paste Spesial : untuk membantu perintah Copy dan Cut
- Paste as Hyperlink : untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink
- Fill : untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja
- Clear : untuk menghapus data
- Delete : untuk menghapus dan memindahkan data
- Delete Sheet : untuk menghapus sheet
- Move or Copy Sheet : untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja
- Find : untuk mencari data
- Replace : untuk mengganti data
- Go To : untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain
- Menu insert
- Cell : Perintah untuk menyisipkan sel
- Rows : Perintah untuk menambah beris sel
- Columns : Perintah untuk menambah kolom
- Worksheet : Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
- Chart : Perintah untuk membuat grafik
- Symbol : Perintah untuk menyisipkan symbol
- Page Break : Perintah untuk membuat halaman yang terpotong
- Function : Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika
- Name : Perintah untuk memberi nama range data
- Comment : Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja
- Picture : Perintah untuk menyisipkan gambar
- Diagram : Perintah untuk membuat diagram
- Object : Perintah untuk memasukkan gambar
- Hyperlink : Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file
- Menu tools
- Spelling : untuk memeriksa data
- Research : untuk mencari file
- Error Cheking : untuk mengecek kesalahan
- Track Changes : untuk melihat pengubahan oleh orang lain
- Compare and Merge Workbooks : untuk menggabungkan beberapa workbook
- Protection : untuk mengamankan data
- Online Colaboration : untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya
- Goal Seek : untuk mengubah nilai rumus
- Scenarios : untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel
- Formula Auditing : untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus
- Makro : untuk menjalankan program makro
- Add-Ins : untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins
- Auto Correct Option : untuk menampilkan perintah auto corret
- Custommize : untuk mengatur toolbars
- Options : untuk membuka menu dan tabulasi
- Menu format
- Cell : Perintah untuk membuat format sel
- Low : Perintah untuk mengatur tinggi baris
- Column : Perintah untuk mengatur lembar kolom
- Sheet : Perintah untuk memformat sheet
- Auto Format : Perintah untuk membuat format table
- Conditional Formating : Perintah untuk memformat nilai data sel
- Style : Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja
- Menu view
- Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
- Page Break Preview : Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
- Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
- Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
- Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus
- Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
- Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
- Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja
- Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
- Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
- Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
- Menu data
- Short : Perintah untuk mengurutksn data
- Filter : Perintah untuk memfilter data
- Form ; Perintah untuk menambah atau mengurangi data
- Subtotal ; Perintah untuk menghitung sub total
- Validation ; Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan
- Table ; Perintah untuk membuat table
- Text to Columns ; Perintah untuk membuat naskah text menjadi berkolom
- Consolidate ; Perintah untuk mengkonsolidasi data
- Group and Outline ; Perintah untuk menggabungkan data
- Pivot Tabel and Pivot Chart Report ; Perintah untuk membuat table dan grafik pivot
- Import External Data ; Perintah untuk mengimpor data luar
- Refresh Data ; Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar
- Menu window
- New Window : Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit
- Arrange : Perintah untuk mengatur jendela
- Unhide : Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden
- Split ; Perintah untuk membagi lembar kerja
- Freeze Panes ; Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat
- Menu help
- Microsoft Excel Help : Perintah untuk menampilkan office assistant
- Show the Office Assistant : Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih
- Microsoft Excel Online : Perintah untuk online
- Contact Us ; Perintah untuk bantuan pada Microsoft
- Check for Updates ; Perintah untuk mengupdate
- Detect and Repair ; Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel
- About Microsoft Office Excel : Perintah untuk melihat penjelasan tentang Excel
Demikian,itulah rangkuman dari saya,,
semoga bermanfaat....
di share terus ilmunya ya. biar kami dapet wawasan yg lebih luas. thanks
BalasHapusMy blog
Inimh microsoft word gblg bgt dah
BalasHapusgood job gan
BalasHapusSolder Temperatur