Cari

RANGKUMAN MICROSOFT OFFICE EXCEL


                    

            ASSALAMUALAIKUM WR.WB    

 berikut ini adalah rangkuman tentang Microsoft Office Excel:

 Pengertian Microsoft Excel

               A. Pengertian Microsoft Office Excel
                              BKelebihan Dan Kekurangan Microsoft Office Excel
                              C. Fungsi Menu Microsoft Excel

    A. Pengertian Microsoft Office Excel
Microsoft office excel adalah salah satu program pada microsoft office yang di gunakan dalam pengolahan data berbasis angka. Microsoft office excel juga merupakan salah satu program pengolah angka yang di keluarkan oleh microsoft corporation.
 Hadirnya microsoft office excel sangat membantu dalam pengolahan data yang problema nya  mudah hingga yang rumit. Pengoperasian microsoft excel sering di kenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula yang dapat memudahkan dalam pengolahan data secara matematis dengan beragam fungsinya ,seperti laporan kerja,penentuan nilai hingga penentuan gaji karyawan dalam ruang lingkup sebuah perusahaan.

    B. Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Office Excel
Adapun kelebihan dan kekurangan dari microsoft office excel adalah sebagai berikut:
  •         Kelebihan:

  1.       Memiliki kapasitas penampung data 1 juta baris dan 16.000 kolom per sheet.
  2.             Memiliki lembar kerja eletronik dengan kolom dan baris secara otomatis
  3.      Memiliki program penggunaan rumus yang sangat lengkap.


  •         Kekurangan:

  1.           Software pengolah angkanya berbayar dan tidak gratis
  2.           Memerlukan banyak memory(RAM) serta prosesor yang besar(CPU)



    C. Fungsi Menu Microsoft Excel
Program microsoft excel memiliki beberapa menu yang terdapat pada bar(baris menu),yaitu sebagai berikut:              

    •  Menu file       =
    1.  New: untuk membuat lembar kerja baru
    2.  Open: untuk membuka dokumen
    3.  Close: untuk menutup jendela workbook
    4.  Save :  untuk menyimpan data
    5.  Save As:untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
    6.  Save As Web Page : untuk menyimpan kedalam halaman web
    7.  Save Workspace : untuk menyimpan sebagai file workspace
    8.  File Search : untuk mencari file workbook
    9. Permission :untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
    10.  Web Page Preview : untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
    11.  Page Setup : untuk mengatur setting halaman
    12.  Print Area : untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
    13.  Print Preview   : untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
    14.  Print : untuk mencetak data
    15.  Send To :  untuk mengirimkan file
    16.  Properties : untuk Membuat ringkasan file yang aktif 
    17.  Exit :  untuk menutup program Microsoft Excel
    • Menu edit
    1.         Undo : untuk membatalkan perintah terakhir
    2.         Redo : untuk membatalkan perintah Undo
    3.         Cut : untuk memotong naskah
    4.         Copy : untuk membuat duplikat naskah
    5.         Office Clipboard : untuk menampilkan jendela Cilpboard
    6.         Paste : untuk pasangan Cut dan Copy
    7.         Paste Spesial : untuk membantu perintah Copy dan Cut
    8.         Paste as Hyperlink : untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan                       Hyperlink
    9.         Fill : untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja
    10.         Clear : untuk menghapus data
    11.         Delete : untuk menghapus dan memindahkan data
    12.         Delete Sheet : untuk menghapus sheet
    13.         Move or Copy Sheet : untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar           kerja
    14.         Find : untuk mencari data
    15.         Replace : untuk mengganti data
    16.         Go To : untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain
    •       Menu insert
    1.           Cell                   :  Perintah untuk menyisipkan sel
    2.           Rows                :  Perintah untuk menambah beris sel
    3.           Columns          :  Perintah untuk menambah kolom
    4.           Worksheet       :  Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
    5.           Chart                :  Perintah untuk membuat grafik
    6.           Symbol             :  Perintah untuk menyisipkan symbol
    7.           Page Break      :  Perintah untuk membuat halaman yang terpotong
    8.           Function          :  Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika
    9.           Name               :  Perintah untuk memberi nama range data
    10.           Comment        :  Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja
    11.           Picture             :  Perintah untuk menyisipkan gambar
    12.           Diagram          :  Perintah untuk membuat diagram
    13.           Object              :  Perintah untuk memasukkan gambar
    14.           Hyperlink       :  Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file
    •         Menu tools
    1.  Spelling                                : untuk memeriksa data
    2.  Research                              : untuk mencari file
    3.  Error Cheking                     : untuk mengecek kesalahan
    4.  Track Changes                    :  untuk melihat pengubahan oleh orang lain 
    5.  Compare and Merge Workbooks : untuk menggabungkan beberapa workbook
    6.  Protection                          : untuk mengamankan data
    7.  Online Colaboration          : untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya
    8.  Goal Seek                          : untuk mengubah nilai rumus
    9.  Scenarios                           : untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel
    10.  Formula Auditing       :  untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai                                              pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus
    11.  Makro                                : untuk menjalankan program makro
    12.   Add-Ins                             : untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins
    13.   Auto Correct Option         : untuk menampilkan perintah auto corret
    14.   Custommize                      : untuk mengatur toolbars
    15.   Options                              :  untuk membuka menu dan tabulasi
    •      Menu format
    1.           Cell                                  :  Perintah untuk membuat format sel
    2.           Low                                 :  Perintah untuk mengatur tinggi baris
    3.           Column                           :  Perintah untuk mengatur lembar kolom
    4.           Sheet                               :  Perintah untuk memformat sheet
    5.           Auto Format                   :  Perintah untuk membuat format table
    6.           Conditional Formating    :  Perintah untuk memformat nilai data sel
    7.           Style                                :  Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja
    •        Menu view
    1.  Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
    2.  Page Break Preview :  Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman                                                       lembar kerja
    3.  Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
    4.  Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
    5.  Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus
    6.  Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
    7.  Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
    8.  Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing                                    lembar kerja
    9.  Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
    10.  Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
    11.  Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
    •           Menu data
    1.   Short                                  :  Perintah untuk mengurutksn data
    2.   Filter                                  :  Perintah untuk memfilter data
    3.   Form                                  ;  Perintah untuk menambah atau mengurangi data
    4.   Subtotal                             ;  Perintah untuk menghitung sub total
    5.  Validation                          ;  Perintah untuk membatasi jenis data yang                                                                       dimasukkan
    6.  Table                                  ;  Perintah untuk membuat table
    7.  Text to Columns                ;  Perintah untuk membuat naskah text menjadi                                                                 berkolom
    8.  Consolidate                       ;  Perintah untuk mengkonsolidasi data
    9.  Group and Outline            ;  Perintah untuk menggabungkan data
    10.  Pivot Tabel and Pivot Chart Report    ; Perintah untuk membuat table dan                                                                                      grafik pivot
    11.  Import External Data        ;  Perintah untuk mengimpor data luar
    12.  Refresh Data                     ;  Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar          
    • Menu window
  1.      New Window                    :  Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit
  2.      Arrange                              :  Perintah untuk mengatur jendela
  3.      Unhide                               :  Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di                                                        hidden
  4.      Split                                   ;  Perintah untuk membagi lembar kerja
  5.      Freeze Panes                      ;  Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat                                                                  terlibat

    • Menu help
  1.      Microsoft Excel Help        :  Perintah untuk menampilkan office assistant
  2.      Show the Office Assistant   :  Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang                                                                   dipilih
  3.      Microsoft Excel Online     :  Perintah untuk online
  4.      Contact Us                        ;  Perintah untuk bantuan pada Microsoft
  5.      Check for Updates            ;  Perintah untuk mengupdate
  6.      Detect and Repair             ;  Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft                                                          Excel
  7.      About Microsoft Office Excel      : Perintah untuk melihat penjelasan tentang Excel


Demikian,itulah rangkuman dari saya,,

semoga bermanfaat....

3 komentar: